Trik Mudah Merawat Mobil Agar Lebih Tahan Lama dan Nyaman Dikendarai

Keadaan jalan raya yang padat, macet, dan ditambahkan cuaca panas membuat mobil dan elemen yang bekerja lebih keras. Bila tidak dilaksanakan perawatan dan service dengan teratur, karena itu bisa menyebabkan umur kendaraan lebih pendek.

Pemilik mobil, pasti Anda ingin mobil tahan lama untuk periode waktu lama. Untuk pastikan mobil lebih bertahan lama dan nyaman dikemudikan, beberapa pemiliki mobil wajib melakukan perawatan dengan teratur, baik oleh individu atau service periodik ke bengkel.

Bila Anda kurang pahami sangkut-paut mobil dan perawatannya, minimal Anda perlu pahami enam ini untuk pastikan mobil masih tetap pada keadaan sempurna dan nyaman dikemudikan setiap hari atau untuk perjalanan jauh.

  1. Tukar oli mobil dan filter sama sesuai waktunya

Ingin mobil lebih awet serta tahan lama, cara penting yang Anda kerjakan ialah menukar oli mobil dan filter sama sesuai waktunya. Sebagai sisi penting yang dipunyai kendaraan, oli berperan untuk kurangi gesekan antara elemen, pendingin, peredam getaran, pencuci kotoran, sampai antikarat dalam mesin. Oli yang bekerja terus-terusan akan terpampang oleh udara dan panas hingga menggunting daya memakainya.

Secara umum, agenda tukar oli mobil dianjurkan saat capai 10 ribu km. Tetapi, banyak bengkel merekomendasikan tiap 10 ribu km. Banyak pula bengkel yang merekomendasikan untuk tukar oli tiap 5 ribu km bila sehari-harinya bergelut dengan kemacetan dan keadaan jalanan yang tidak normal, hingga jarak menempuh mobil jadi benar-benar kecil. Jalan keluarnya ialah memakai tanggal dan km pada catatan service sebagai dasar. Bila jadual tukar oli telah terwujud, sebaiknya untuk lakukan pergantian oli mobil.

  1. Isi air radiator gunakan cairan radiator atau coolant

Menghindar mesin mobil overheat, Anda perlu pastikan air radiator selalu berisi secara periodik dan janganlah sampai kekurangan. Karena, air radiator berperan untuk mendinginkan mesin saat bekerja. Untuk mobil kecintaan Anda, pastika menggunakan cairan radiator atau coolant yang direferensikan. Cairan coolant ini mempunyai senyawa kimia anti-rust yang jaga ruangan radiator masih tetap bersih dan tahan lama.

BACA JUGA  Cara Mudah Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Mulut dan Gigi

Janganlah lupa untuk memeriksa tipe cairan yang lain diperlukan mobil, seperti power steering dan rem. Disamping itu, bila Anda cukup kerap memakai air wiper, karena itu isi tabung air wiper sama air bersih ketika telah mulai habis.

  1. Selalu panasi mobil dan check keadaan ban dan kelengkapan mobil

Tiap mesin mobil diperlengkapi dengan pelumas, yang bermanfaat sebagai lapisan saat beberapa komponen mesin bersinggungan. Supaya tebaran pelumas rata, mesin harus dipanaskan lebih dahulu saat sebelum dipakai.

Panasi mobil sama sesuai penggunaannya. Jika jarang-jarang digunakan, pemanasannya harus lama. Sampai temperatur mesin panas atau jarum indikator di panel dasbor memperlihatkan jika mesin telah panas. Bila kendaraan digunakan untuk keperluan setiap hari, karena itu pemanasan mobil bisa dilaksanakan secara cepat.

Memanasi kendaraan benar-benar terkait dengan tahan lama atau tidak kendaraan. Dengan memanasi mobil, karena itu mesin terbebas dari beban yang mendadak dan pada akhirannya mobil dapat semakin cepat tahan lama. Sekalian mobil dipanaskan, Anda bisa memeriksa keadaan ban dan kelengkapan lain, seperti beberapa lampu dan kopling.