Doa Penutup Acara Resmi, Rapat Singkat Bahasa Arab

Doa Penutup Dalam melaksanakan rangkaian demi rangkaian kegiatan suatu acara, perlu ditutup dengan pembacaan doa agar keberkahan datang dari acara tersebut.

Setiap orang pasti pernah menghadiri atau bahkan mengadakan suatu acara, baik resmi maupun tidak resmi,

Segala jenis dan bentuk acara, bagi umat Islam dianjurkan untuk mengakhirinya dengan membacakan sholawat atau doa kemudian menutupnya dengan salam.

Hal ini dilakukan semata-mata untuk mengharap ridho Allah SWT atas berjalannya acara tersebut.

Namun untuk menutup suatu acara ada berbagai versi doa penutup yang bisa anda gunakan.

Macam-Macam Doa Penutup Resmi

Pembacaan doa penutup acara ini sudah menjadi konsep tradisi di berbagai negara, termasuk Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam.

Doa ini dilantunkan dengan tujuan agar Allah SWT dapat mengampuni kesalahan selama acara berlangsung dan juga sebagai pengharapan keberkahan selama acara berlangsung.

Namun, ada banyak macam doa penutup yang bisa Anda gunakan untuk memandu akhir acara.

Doa Penutup Acara Singkat

Pengikut ayovasindinkeskdi.id berikan beberapa doa penutup singkat beserta artinya, yang dapat anda gunakan dalam mengakhiri suatu acara dengan tujuan mengharapkan keberkahan.

Berikut bacaan doa penutup resmi pada majelis tersebut:

Damai sejahtera besertamu

Latin: “ Subhaana Robbika Robbil ‘Izzati’ Ammaa Yashifuun, Wa Salamun ‘Alal Mursalliin Walhamdulillahi Robbil ‘Alamiin’ “.

Dengan makna: “Maha Suci Tuhanmu, Allah pemilik kemuliaan dari apa yang mereka cirikan”.

Atau Anda bisa membaca doa pendek sambil meminta pengampunan Tuhan.

Tuhan memberkati

Latin: “ Subhanakallahumma Wabihamdika Asyhadu Alaa Ilaha Ila Anta Astaghfiruka Waatuubu Ilaik “.

Artinya : “Maha Suci Allah dan segala puji bagi Allah SWT, aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, aku mohon ampun dan bertaubat hanya kepada-Mu”.

BACA JUGA  Niat Puasa Akhir Tahun dan Awal Tahun Hijriah Beserta Hukumnya

Doa ini diambil dari hadits yang diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi.

Untuk Acara Lainnya

Selain majelis ilmu, doa penutup ini bisa Anda bacakan di akhir acara seperti seminar, festival, hajatan, dan lain-lain.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Bacaan Latin: ” Allahumma inni audzubika minal hammi wal hazan wa audzubika minal ajzi walkasal wa audzubika minal jubni wa audzubika min ghalabatid-diin wa qohrir-rijaali”.

Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kegalauan dan kesedihan. Aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan. Aku berlindung kepada-Mu dari sikap pengecut dan kikir. .

Anda juga dapat menggunakan doa singkat lainnya:

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النّارِ

Latin: “ rabbana aatina fiddunya hasanah wa fil Akhiroti hasanah wa qina azabannar”.

Artinya : “Wahai Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta peliharalah kami dari siksa neraka”.

Doa ini telah tertuang dalam kitab suci Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 201.

Atau juga dengan doa ini:

. وَنُصَلِّيْ وَنُسَلِّمُ عَلَى خَيْرِ اْلأَنَامِ سَيِّدِنَا مُحَمَّave

Bacaan Latin: “Alhamdulillahilladzi an’amanaa bini’matil iimaan wal islam. Wanusholi wanusallimu ‘alaa khoril anaam sayyidinaa muhammadin wa’alaaalihi wasohbihi ajma’iina imaa ammaa ba’du “.

Artinya: “Segala puji bagi Yang Maha Kuasa yang telah memberikan nikmat terbaik berupa I’tikad dan Islam. Sholawat dan doa untuk keselamatanku selalu dilimpahkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW beserta keluarganya dan seluruh sahabat nabi.

Bacaan Doa Penutup Panjang & Lengkap

Jika ingin menutup acara dengan bacaan doa yang lengkap dan panjang, dibawah ini akan ditampilkan beberapa bacaan doa panjang yang bisa anda gunakan untuk mengakhiri acara.

Doa Penutup Lengkap I

نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُبِاللَّهِ مِنْ شُرُوْرِأَنْفُسِنَا وَم above مَنْ يَهْدِهِ اللَّهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْهُ فَلاَ هَادِيَ لَهُ اللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّم عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَىى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أجْمَعِيْنَ أَمَّابَعْدُ

BACA JUGA  Contoh Soal Kelas 10 Semester 2 PAS Geografi K-Merdeka

tulisan latin: ” Nahmaduhu wanasta’inuhu wanastaghfiruhu wana’udzubillahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalina. Man yahdillahu falaa mudhillalahu wamay yudhlilhu falaa haadiyalahu. Allohumma solli wasalim ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa’alaaalihi wasohbihi ajma’ina amma ba’du “.

Yang artinya : ” Kami menawarkan semua pujian kepada-Nya dan kami meminta bantuan-Nya. Sambil memohon ampunan dan perlindungan-Nya dari segala keburukan jiwaku dan keburukan amalku. Barangsiapa yang diberi petunjuk oleh Yang Mahakuasa, tidak ada yang bisa menyesatkannya. Dan barangsiapa yang disesatkan oleh Yang Mahakuasa, maka tidak ada yang dapat memberinya petunjuk. Ya Allah, limpahkan shalawat dan salam kepada Muhammad SAW., keluarga dan para sahabatnya.

Doa Penutup Lengkap II

Tidak hanya itu, ada beberapa jenis doa penutup yang lengkap dan bisa anda gunakan untuk menutup suatu acara.

Dalam bahasa latin: ” Bismallahirahmanirahim, Alhamdulillahirabbil’alamin, hamdan yuwafi nikmahu Ya rabbana walakal hamdu, walaka terimakasih Allahumma shalli ala Muhammadin fil awwalina wal end. Subhaanakallaahumma wa bihamdika asyhadu allaa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika. Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil Akhirati hasanah wa gina’ adzaban naar Alhamdulillahrabbil alamin “.

Artinya : “Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji dan syukur kami panjatkan kepada-Mu ya Allah, atas segala rahmat dan nikmat-Mu. Maha Suci Allah dan segala puji bagi Allah SWT, saya bersaksi bahwa ada tiada Tuhan selain Allah, aku memohon ampunan dan tobat hanya kepada-Mu. Ya Tuhan kami, berilah kami kebahagiaan di dunia dan di akhirat, selamatkan kami dari siksa api neraka”.

Doa Penutup Lengkap III


اَللَّهُمَّ اقْسِمْ لَنَا مِنْ خَشْيَتِكَ مَاتَحُوْلُ بَيْنَنَا وَبَيْنَ مَعْصِيَتِكَ وَمِنْ طَاعَتِكَ مَا تُبَلِّغُنَابِهِ جَنَّتَكَ وَمِنَ الْيَقِيْنِ مَاتُهَوِّنُ بِهِ عَلَيْنَا مَصَائِبَ الدُّنْيَا. اَللَّهُمَّ مَتِّعْنَا بِأَسْمَاعِنَا وَأَبْصَارِنَا وَقُوَّتِنَا مَا أَحْيَيْتَنَا وَاجْعَلْهُ الْوَارِثَ مِنَّا وَاجْعَلْهُ ثَأْرَنَا عَلَى مَنْ عَاداَنَا وَلاَ تَجْعَلْ مُصِيْبَتَنَا فِى دِيْنِنَاوَلاَ تَجْعَلِ الدُّنْيَا أَكْبَرَ هَمِّنَا وَلاَ مَبْلَغَ عِلْمِنَا وَلاَ تُسَلِّطْ عَلَيْنَا مَنْ لاَ يَرْحَمُنَا

BACA JUGA  Mobilitas Sosial - Pengertian, Bentuk, Faktor dan Dampak

tulisan latin: ” Allahummaqsim lanaa min khosyyatika maa tahu bihi baynanaa wa bayna ma’aashik. Wa min thoo’atika maa tubalighunaa bihi jannatak. Wa minal yaqiin maa tuwaiki ‘alaynaa mashooibad dunya. Allahumma matti’na bi asmaa’inaa wa abshorina, wa quwwatin aa maa ogyatanaa, waj’alna waaris minnaa, waj’al tsa rona’ ala man zholamanaa, wan-shurna ‘alaa man’adaanaa, wa laa taj’al mushibatanaa fii diininaa wa laa tajal dunya akbara hammina, wa laa mablagho ‘ilminaa, wa laa tusallith ‘alaynaa mallaa yarhamunaa”.

Artinya: “Ya Allah, berilah kami rasa takut kepada-Mu yang dapat menghalangi antara kami dan perbuatan maksiat terhadap-Mu, dan (berikan kami) ketaatan kepada-Mu yang akan membawa kami ke surga-Mu dan (berikan juga) keimanan yang meringankan bagi kami. segala musibah di dunia ini. Ya Allah, berilah kami kenikmatan melalui pendengaran kami, penglihatan kami dan kekuatan kami selama kami masih hidup, dan jadikanlah itu warisan kami. Jadikanlah pembalasan kami bagi orang-orang yang menganiaya kami, dan tolonglah kami melawan mereka yang memusuhi kita, dan jangan jadikan kemalangan kita dalam urusan agama kita, dan jangan jadikan dunia ini impian terbesar kita dan puncak ilmu kita, dan jangan jadikan mereka yang tidak mencintai kita menguasai kita” .

Doa Penutup Lengkap IV

Bacaan Latin: “Rabbana Afzik alaina shobran wa tsabbit aqdamana rabbana aatina fiddunya hasanah wa fil Akhiroti hasanah wa qina azabannar Subhanarobbil izzati amma yasifun wa salamun alalmursalim walhamdulillahi rabbil alamin”.

Artinya : “Ya Allah curahkan kesabaran kepada kami, dan kuatkan pendirian kami dari cobaan dan kebenaran. . Agar kita dapat menjadi teladan dalam keluarga, masyarakat, bangsa dan negara”.

Penutupan

Inilah doa penutup yang bisa Anda gunakan untuk mengisi bagian rangkaian acara yaitu sesi penutup acara. Semoga apa yang ada di artikel pendidikan ini dapat memberi kita dan orang-orang di sekitar kita manfaat yang baik.

Baca juga: