Ciri Lengkap Benua Asia Beserta Bagian-bagiannya

Berdasarkan keterangan dari KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, benua adalah bagian dari permukaan bumi yang berupa daratan atau daratan yang sangat luas. Asia merupakan benua yang memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan benua lain. seperti apa karakteristik benua Asia Ini?

Karena luasnya yang sangat besar, bagian tengah benua tidak akan terpengaruh langsung oleh angin laut. Ada tujuh benua di permukaan bumi, yaitu Antartika, Australia, Eropa, Afrika, Asia, Amerika Selatan, dan Amerika Utara.

Setiap benua di bumi ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Anda akan melihat beberapa ciri yang dimiliki oleh benua Asia. Beberapa ciri tersebut akan membedakan benua Asia dengan berbagai benua lain di bumi.

Apa pun Ciri-ciri Benua Asia?

Asia merupakan benua yang paling luas diantara berbagai benua lainnya. Populasi yang dimiliki benua ini juga paling padat. Ada 50 negara yang menempati permukaan benua Asia. Benua ini memiliki beberapa karakteristik, seperti:

1. Sangat besar dan luas

Sekitar sepertiga daratan di bumi ini adalah benua Asia. Jika membandingkan luas benua ini dengan benua lain, terlihat jelas seberapa besar benua ini. Benua Eropa memiliki luas daratan sekitar 10.180.000 kilometer persegi.

Luas benua Asia bisa mencapai 4,5 kali luas benua Eropa. Luas benua Asia kurang lebih 44.000.000 kilometer persegi. Benua besar ini terbagi menjadi enam wilayah, yaitu Asia Utara, Asia Tengah, Asia Selatan, Asia Timur, dan Asia Tenggara.

2. Memiliki 5 divisi iklim

Karena terbentang dari ujung utara hingga selatan, daerah yang berbeda di benua Asia mungkin memiliki iklan yang berbeda pula. Beberapa iklim dibagi oleh beberapa Daerah di benua Asia adalah iklim dingin, benua, subtropis basah, tropis basah, dan gurun.

Iklim dingin dapat ditemukan di bagian utara benua Asia, terutama di wilayah Siberia. Daerah ini memiliki iklim subarktik atau iklim benua kutub. Dengan iklim ini, suatu daerah dapat memiliki musim panas yang lebih singkat.

Iklim terestrial atau iklim kontinental dapat ditemukan di Cina barat laut dan juga di Asia Tengah. Wilayah di benua Asia yang terkenal dengan iklim kontinentalnya adalah Gurun Gobi yang kering dan terletak di China.

BACA JUGA  Contoh Soal PTS PAI Kelas 4 Semester 2 + Kunci Jawaban

daerah Cina timur didominasi oleh iklim subtropis yang lembab. Daerah dengan iklim yang satu ini sering mengalami hujan yang dipengaruhi oleh Samudera Pasifik dan monsun tenggara. Daerah yang memiliki iklim ini terletak pada garis lintang 250 LU hingga 350 LU.

Sebagian besar Asia Selatan dan Asia Tenggara memiliki iklim ini. Daerah yang memiliki iklim tropis basah memiliki curah hujan antara 1.000 hingga 2.000 mm setiap tahunnya. Iklim tropis basah disebabkan oleh angin muson yang juga menimbulkan dua musim.

Ciri utama iklim gurun adalah kering dan memiliki curah hujan yang sangat rendah, hanya sekitar 220 hingga 250 mm setiap tahunnya. Iklim gurun ini biasanya terjadi karena dipengaruhi oleh angin dari daerah gurun yang kering. Iklim gurun ada di Asia Wilayah Barat dan tengah.

3. Laut dan padang pasir yang luas

Ciri-ciri Benua Asia berikutnya adalah gurunnya yang luas. Di benua ini terdapat beberapa gurun seperti Gurun Ordos, Gurun Taklamakan, dan Gurun Gobi. Gurun Ordos luasnya hampir 216.000 kilometer persegi.

Gurun Gobi di Cina meliputi area seluas 1,295 juta kilometer persegi. Dan Gurun Taklamakan yang juga berada di China memiliki luas 320.000 kilometer persegi. Selain gurun pasir, lautan di benua Asia juga luas. Laut Cina Selatan memiliki luas 3,5 juta kilometer persegi.

4. Terpadat di dunia

Benua Asia merupakan yang terpadat, sehingga benua ini dinobatkan sebagai benua terpadat di dunia. Pada tahun 2018 saja, total penduduk benua Asia telah mencapai 4,561 miliar jiwa. Ada beberapa negara di Asia yang penduduknya lebih padat daripada yang lain.

Beberapa negara di benua Asia yang jumlah penduduknya tercatat paling tinggi diantara yang lain Cina, India dan india. Kemudian tiga negara lainnya yang memiliki jumlah penduduk cukup tinggi adalah Pakistan, Bangladesh, dan Jepang.

5. Sering menghadapi gempa bumi

Banyak negara di benua Asia sering mengalami gempa bumi. Hal ini disebabkan oleh ring of fire di negara-negara tersebut. Cincin api Pasifik merupakan zona merah yang membuat beberapa negara di Asia lebih sering mengalami gempa bumi dan aktivitas tektonik.

Cincin api Pasifik melewati Jepang, Indonesia, Cina, Filipina, dan Iran. Sebagian besar gempa bumi yang terjadi sangat kecil sehingga tidak dirasakan oleh penduduk negara tersebut. Namun ada juga gempa besar yang terjadi dan menimbulkan korban jiwa dan kerusakan.

BACA JUGA  Contoh Soal PAS Kelas 10 Semester 2 Pkn dan Kunci Jawaban

6. Puncak dan gunung tertinggi di dunia

Gunung tertinggi di dunia dan sangat terkenal di kalangan pendaki adalah Gunung Everest. Masih ada sebagian orang yang belum mengetahui bahwa gunung ini ada di Asia, terutama di Nepal dan China. Gunung ini memiliki ketinggian yang fantastis, yaitu 8.848 mdpl.

Ciri-ciri Benua Asia yang satu ini tidak hanya melibatkan Gunung Everest. Beberapa gunung lain di Asia, seperti Gunung K2 (8.614 mdpl), Gunung Kangchenjunga (8.586 mdpl), Gangkhar Puensum (7.570 mdpl), dan Ismail Samani (7.495 mdpl) juga termasuk gunung tertinggi.

7. Dataran tertinggi di dunia

Lanskap di Asia dikenal sangat menakjubkan. Salah satu pesona alamnya yang terkenal hingga ke benua lain adalah dataran tingginya. Dataran tinggi tertinggi di dunia berada di daerah Tibet. Dataran tinggi ini bahkan disebut atap dunia.

Dataran Tinggi Tibet berada di Asia Timur. Luasnya bisa mencapai 2,5 juta kilometer persegi. Ketinggian rata-rata dataran tinggi ini adalah 4.500 meter di atas permukaan laut. Luas dataran tinggi Tibet kira-kira 4 kali luas Perancis atau negara bagian Texas AS.

8. Beberapa agama besar lahir di Asia

Ada beberapa agama besar yang lahir di beberapa negara di Asia, itu adalah Konfusius dari Cina, Budha dan Hindu dari India, Islam dari Arab Saudi, dan Kristen dari Palestina. Banyak orang mengira bahwa berbagai agama besar itu bukan berasal dari negara-negara di Asia.

Namun sebenarnya ajaran asli dari agama-agama besar di dunia ini berasal dari kawasan Asia. Itu karakteristik benua Asia hal terakhir yang perlu Anda pahami. Pelajari juga ciri khas tiap daerah di benua Asia agar kamu bisa lebih memahami keindahan benua terbesar di dunia tersebut.

5 Wilayah di Benua Asia

Seperti disebutkan sebelumnya, benua Asia terbagi menjadi lima wilayah berbeda. Lima wilayah tersebut adalah Asia Tenggara, Asia Selatan, Asia Barat, Asia Tengah, dan Asia Timur. Setiap daerah memiliki negaranya masing-masing. Ada 48 negara di seluruh kawasan Asia.

1. Asia Tenggara

Ada 11 negara yang tergabung dalam kawasan Asia Tenggara. Kesebelas negara tersebut adalah Brunei Darussalam, Kamboja, Filipina, Indonesia, Singapura, Thailand, Laos, Vietnam, Malaysia, dan Myanmar. Anggota terakhir adalah Timor Leste yang sebelumnya merupakan bagian dari Indonesia.

Asia Tenggara memiliki luas 4,5 juta kilometer persegi dengan jumlah penduduk lebih dari 2,34 miliar jiwa. Populasi yang sangat besar ini menjadikan Asia sebagai wilayah terpadat ketiga di dunia.

2. Asia Timur

Asia Timur adalah sebuah wilayah di benua Asia kondisi fisik alamnya yang indah dikenal luas oleh banyak orang di seluruh dunia. Luas Asia Timur akan mencapai 11,840 juta kilometer persegi dengan jumlah penduduk 1,6 miliar jiwa pada tahun 2020.

BACA JUGA  Lirik Sholawat Nariyah Lengkap Arab, Latin, Arti B. Indonesia

Potensi alam di berbagai negara di Asia sangat menjanjikan. Asia Timur sendiri dikenal dengan hasil tambangnya seperti minyak. Beberapa daerah yang diketahui menghasilkan minyak adalah Asia Timur, Asia Tenggara, dan Timur Tengah.

3. Asia Selatan

Bagian benua Asia ini memiliki luas hingga 5,134 juta kilometer persegi. Populasinya hampir 1,9 miliar orang. Satu dari karakteristik benua Asiakhususnya Asia Selatan, sebagian besar dipengaruhi oleh budaya India.

Ada beberapa fitur geografis yang bisa ditemukan di kawasan Asia Selatan ini. Beberapa fitur geografisnya termasuk hutan hujan, sungai es, padang rumput, gurun, dan lembah. Penduduk kawasan ini juga memiliki penampilan fisik yang sedikit berbeda dibandingkan penduduk Asia lainnya.

4. Asia Barat

Ada 15 negara yang tergabung dalam kawasan Asia Barat, yaitu Siprus, Iran, Yordania, Suriah, Turki, Lebanon, Israel, Irak, Palestina, Yaman, Uni Emirat Arab, Qatar, Oman, Kuwait, Bahrain, dan Arab Saudi. Luas wilayah Asia Barat mencapai 6,255 juta kilometer persegi dengan 313,5 juta penduduk di dalamnya.

Wilayah Asia ini berada di bagian selatan Eropa Timur dan berbatasan dengan Afrika Utara. Ada tujuh lautan yang mengelilingi Asia Barat, yaitu Laut Mediterania, Laut Merah, Laut Arab, Teluk Persia, Laut Kaspia, Laut Hitam, dan Laut Aegea.

5. Asia Tengah

Lima negara yang tergabung dalam Asia Tengah adalah Uzbekistan, Turkmenistan, Tajikistan, Kyrgyzstan, dan Kazakhstan. Berbeda dengan Asia Barat, kawasan Asia Tengah dikelilingi oleh daratan. Luas Asia Tengah mencapai 4 juta kilometer persegi.

Kawasan Asia Tengah telah lama menjadi kawasan perdagangan antara masyarakat barat dan Tiongkok. Jalur Sutra serta beberapa fenomena alam melalui Asia Tengah. Ada berbagai jenis tanah di wilayah ini, seperti gurun yang luas, padang rumput, serta pegunungan dan dataran tinggi.

Dari berbagai negara di benua Asia, ada 7 negara yang paling maju. Ketujuh negara tersebut adalah Jepang, Singapura, Hong Kong, Korea Selatan, Taiwan, Makau, dan Israel. Empat puluh satu negara lainnya masih merupakan negara berkembang, termasuk Indonesia.

Dengan memahami karakteristik benua Asia, Anda akan semakin mengenal semua negara dan wilayah di benua ini. Pahami semua karakteristik dan semua negara di Asia yang terbagi menjadi lima wilayah berbeda. Semua informasi ini juga akan diajarkan di sekolah-sekolah.

Baca Juga Artikel Lainnya :